Tutorial Lengkap: Cara Menggunakan Sing! Karaoke by Smule di HP Android


"Sing! Karaoke by Smule" merupakan Aplikasi Karaoke Terbaik untuk HP Smartphone Android saat ini. Memiliki database artis dan lagu yang lengkap (bahkan bisa ditambahkan sendiri), juga memiliki fitur yang lengkap, dari berbagai efek suara, sinkronisasi musik dan vocal, hingga memungkinkan untuk duet dengan pengguna lain, menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu sosial media pertemanan dengan konsep yang baru. Jadi, selain bisa untuk bernyanyi berkaraokean, kita juga bisa mendapatkan teman-teman baru yang direkomendasikan oleh Aplikasi ini berdasarkan kesamaan jenis musik maupun teman yang sama. Selain bernyanyi sendirian, kita juga bisa mengundang teman untuk berduet bersama kita atau kita bisa join ke lagu yang telah disiapkan seseorang untuk berduet, nanti akan saya ulas lebih lengkap di bagian bawah.

Sebetulnya aplikasi Sing! Karaoke ini sudah ada sejak lama yang awalnya hanya tersedia untuk pengguna Mac OS ,iPhone, iPod, dan iPad. Kemudian barulah tersedia untuk android sejak beberapa tahun yang lalu namun baru akhir-akhir ini kembali booming sejak ada pemberitaan di media tentang video seorang pengguna Smule yang berduet dengan Jessie J menyanyikan lagu Flashlight dengan sangat baik.
Nah, bagi para pembaca yang ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi ini, berikut ini saya persembahkan tutorialnya secara lengkap... Namun tutorial ini lebih saya fokuskan untuk para pengguna Android.
Kemudian, bagi para pembaca yang sudah menggunakan aplikasi ini, boleh dong follow saya di www.smule.com/benikey , buat nambah-nambah teman. Kebetulan saya juga masih baru...



Perbedaan Aplikasi Sing! Karaoke by Smule di Android dan Apple (iPhone, iPod, iPad, Mac OS)


Singkat saja, perbedaan yang paling menonjol adalah dalam hal fitur. Sudah pasti aplikasi untuk OS Apple memiliki fitur yang lebih komplit, misalnya saja tersedianya efek mode vocal yang lebih banyak dan lebih baik, dan juga tersedia fitur Video Cover, jadi kita bisa berkaraoke sambil mengambil video aksi kita menggunakan kamera depan iPhone, baik itu untuk bernyanyi sendiri, berduet, maupun Group Performance. Fitur yang cukup menarik, sayangnya belum tersedia untuk HP Android.

(update: Sudah tersedia di hampir semua Smartphone Android, walaupun belum semuanya).

Kemudian apabila Anda melakukan kesalahan saat bernyanyi menggunakan iPhone dan ingin mengulang, maka Anda hanya mengulang bagian terakhir dimana Anda melakukan kesalahan tersebut. Berbeda dengan android dimana apabila Anda melakukan kesalahan dan ingin mengulanginya maka Anda harus mengulanginya dari awal. Kemudian apabila Anda rekaman menggunakan iPhone, maka Antara suara Anda (input vocal) dan musik sudah pasti pas (sudah pasti sinkron), Anda tinggal melakukan seeting volume dan memilih vocal FX kemudian bisa langsung di save. Berbeda dengan Android, Anda harus melakukan sinkronisasi antara input vocal dan musik. Nah disini banyak pengguna baru yang melewatkan langkah sinkronisasi ini sehingga banyak yang mengeluhkan, "kok suaraku kecepetan ya", "kok suaraku udah muncul duluan padahal musiknya belum dimulai", "kok ketukannya tidak pas ya", "kok suaraku ketinggalan ya padahal musiknya udah dimulai", dan lain sebagainya... Dimana keluhan-keluhan tersebut diikuti dengan kalimat, "Padahal ketika nyanyi udah pas kok hasilnya kayak gini sih...". Nah, inilah masalah serius yang dihadapi oleh para pengguna android. Jangankan kok pengguna baru, para pengguna lama pun masih kesulitan untuk mensinkronkan antara input vocal dan musik. Padahal mereka sudah melakukan proses sinkronisasi, namun setelah di-save kok hasilnya masih belum sinkron. Untuk mengatasi masalah sinkronisasi ini, saya punya solusinya, silahkan Anda baca pada bagian Tips & Trik di bagian akhir artikel ini.

Kemudian pada iPhone, di halaman profil terdapat TAB Favourite (Playlist), TAB ini sangat berguna untuk mempromosikan penampilan atau cover-cover terbaik untuk ditonjolkan, sehingga orang yang mengunjungi halaman profil kita tidak akan bingung seperti ketika membuka TAB Recording (Channels) yang berisi ribuan Covers. Sayangnya TAB ini belum tersedia untuk pengguna Android.
Kemudian perbedaan yang lain adalah... Harga berlangganan Smule untuk user VIP, harganya cukup mencolok, silahkan lihat berbandingannya pada picture di bawah ini, para pengguna Apple dikenai biaya berlangganan jauh lebih mahal. Apa sih maksudnya user VIP? dan apa perbedaannya dengan user biasa (non VIP)? Baca terus sampai selesai ya... Ada kok di bagian bawah... 


Biaya Langganan VIP Smule di Android

Biaya Berlangganan VIP Smule di iPhone




Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Tutorial Lengkap: Cara Menggunakan Sing! Karaoke by Smule di HP Android"