Tips Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Antara Suara Vocal dan Musik

Seperti yang telah saya utarakan sebelumnya, masalah utama sebagian besar para pengguna Sing! Smule di Android adalah masalah sinkronisasi antara suara vokal dan musik. Saat rekaman (saat nyanyi) sudah pas, tetapi setelah di-save tiba-tiba menjadi tidak sinkron, padahal sudah melalui tahapan sinkronisasi (apalagi yang tidak melakukan sinkronisasi). Ada yang suara vocalnya terdengar lebih awal, ada juga yang suara vokalnya terdengar terlambat, sehingga ketukannya menjadi tidak pas. Padahal saat Anda bernyanyi sudah pas. Bahkan pada saat melakukan proses sinkronisasi juga sudah pas, tetapi jadi berubah setelah di-save. Berikut ini tips dari saya untuk mengatasi masalah sinkronisasi tersebut.
Pertama-tama silahkan Anda bereksperimen dengan bernyanyi menggunakan lagu yang temponya tinggi seperti 'Basketcase - Greenday', mengapa harus yang temponya tinggi? karena dengan tempo tinggi akan lebih terlihat ke-tidaksinkron-an dalam periode mili detik sehingga mudah untuk dikoreksi Sedangkan apabila menggunakan lagu bertempo lambat seperti "My Heart Will Go On' maka apabila suara vokal lebih cepat atau lebih lambat 1 detik pun tidak akan begitu terasa, sehingga sulit untuk dikoreksi. 
Setelah Anda bernyanyi, silahkan Anda pilih efek (FX) yang Anda suka, saran saya gunakanlah FX Indie atau FX Polish. Kemudian pada bagian bawah pilihan FX ada tulisan "Vocal Out Of Sync?", silahkan klik tulisan tersebut sehingga muncul pengaturan sinkronisasi vocal. Mainkan musik lalu silahkan Anda geser-geser ke kanan atau ke kiri cursor (pointer) pada pengaturan sinkronisasi tersebut. Apabila suara vocal terdengar terlambat (ketinggalan) maka geser cursor (pointer) ke arah kiri atau klik arah panah kiri beberapa kali hingga pas. Begitu juga sebaliknya, apabila suara vocal terdengar lebih awal daripada musik maka geser cursor (pointer) ke arah kanan beberapa kali hingga pas. Saran saya gunakanlah klik daripada menggeser cursor (pointer), karena dengan menggunakan klik kita bisa menghitung berapa kali klik saat mensinkronkan hingga tepat sinkron. Setelah Anda merasa suara vocal dan musik sudah benar-benar sinkron, silahkan Anda klik "Lanjutkan" lalu simpan. Anda jangan merasa senang dulu, ini barulah langkah permulaan. Sekarang coba Anda dengarkan hasil rekaman Anda tadi, apabila memang sudah benar-benar pas maka saya ucapkan selamat kepada Anda karena kok kebetulan sekali HP Anda punya sinkronisasi yang pas dengan Smule. Padahal umumnya yang terjadi adalah... hasil rekaman pasti tidak pas, ada yang suara vocalnya lebih cepat dan ada pula yang suara vocalnya ketinggalan. Nah, berikut ini adalah tips yang akan saya berikan untuk mengatasinya. Saya ambil contoh, ketika saya masih menggunakan HP LG G4, yang terjadi adalah suara vocal saya ketinggalan sepersekian detik oleh musik. Saya bereksperiment menyanyikan lagu 'Basketcase' hingga 3 kali. 
Yang pertama kali, saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 2x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Setelah saya save hasilnya adalah suara vocal saya masih terdengar terlambat, namun hanya terlambat sepersekian detik, kecil sekali, sehingga saya mengulangi dengan eksperiment kedua...
Yang kedua kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 3x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Setelah saya save hasilnya adalah suara vocal saya masih terdengar terlambat sepersekian detik, namun sangat kecil sekali, nyaris terdengar sudah sinkron, namun berkat kejelian saya, saya masih merasa kurang sinkron sehingga saya mengulangi dengan eksperiment ketiga...
Yang ketiga kali, Saat melakukan sinkronisasi, saya geser-geser pointer hingga menemukan posisi tepat sinkron, lalu saya menambahkan 4x klik ke arah kiri untuk mempercepat suara. Dan setelah di-save, hasilnya sangat akurat... Tepat sinkron dengan menambahkan 4x klik ke arah kiri...
Silahkan Anda praktekan eksperiment saya tersebut pada HP Anda. Kalau saya hanya mencoba 3x ekperimen, mungkin Anda bisa saja mengulang hingga puluhan kali untuk mendapatkan jumlah klik yang paling tepat sinkron. Sebagai contoh, saat saya menggunakan HP Oppo R7s, saya bahkan ber-experiment hingga 8 kali untuk mendapatkan jumlah klik yang tepat, yaitu 6x klik ke arah kanan. 
Ketika Anda sudah menemukan jumlah klik yang paling tepat untuk HP Anda, entah itu ke arah kanan atau kiri, silahkan Anda catat agar tidak lupa saat akan melakukan rekaman selanjutnya...
Eits... jangan senang dulu, masalah belum sepenuhnya terselesaikan. Jumlah klik yang Anda catat tersebut hanya bisa diterapkan apabila Anda hendak bernyanyi Solo atau membuat Open Call (undangan nyanyi). Sedangkan ketika Anda hendak join ke suatu Open Call, setingannya berbeda... silahkan Anda lakukan eksperiment seperti di atas untuk memperoleh jumlah klik yang paling tepat sinkron untuk join ke Open Call, lalu Anda catat. Sebagai contoh catatan saya:


HP LG G4
Solo / Bikin Open Call - 4x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - 1x Klik ke arah kiri


HP Oppo R7s
Solo / Bikin Open Call - 6x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan


Selesaikah? Ternyata belum... Apabila Anda menggunakan Headset yang berbeda, maka settingannya juga berbeda, sehingga Anda harus ber-eksperiment lagi dan membuat catatan lain. Sebagai contoh catatan saya:


HP LG G4 (Headset Bawaan)
Solo / Bikin Open Call - 4x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - 1x Klik ke arah kiri


HP LG G4 (Headset Plantronic Backbeat Pro)
Solo / Bikin Open Call - 2x Klik ke arah kiri 
Join ke Open Call - tanpa Klik, sudah tepat sinkron


HP Oppo R7s (Headset Bawaan)
Solo / Bikin Open Call - 6x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan


HP Oppo R7s (Headset Razer Kraken Pro)
Solo / Bikin Open Call - 5x Klik ke arah kanan
Join ke Open Call - 3x Klik ke arah kanan


Masalah sepenuhnya terselesaikan... Semoga dapat membantu masalah Anda...

Share :

Facebook Twitter Google+
7 Komentar untuk "Tips Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Antara Suara Vocal dan Musik"

Saya baru pasang starmaker mau coba masuk dan pilih lagu untuk nyayi tp kok keluar tulisan ini "rekaman tidak nolmal silakan pengaturan diponsel anda" maksudnya apa y minta tolong donk para master2 semua

Saya mau tanya, kenapa pas mau nyanyi sambil telponan gak bisa membisukan panggilan ya. Sedang kan teman saya bisa.
Mohon jawaban nya.
Terima kasih

Saya mau tanya,tlng bantu ya.suara karoke pada joox berisik, ada kresek gitu sedangkan starmaker dan smule ga, apa yg hrs fi benerin ya trimakasih

Kenapa saya di oc suara nyanyi saya sangat pas dan enteng,dan kalau diroom KTV Napa saya nyanyi begitu berat dan kalau lagu nada tinggi dia slalu musik dan vokal GK begitu sinkron

Saya suka sekali nyanyi di starmaker tapi gk bisa menyesuaikan suara dan musik

Saya menyanyi di smule dan weesing langsung sinkron tapi setiap pertama masuk starmaker susah sinkron

Walaupun ada pengaturan sinkronisasi tp tidak berfungsi